FKDC Negosiasi Nilai Pembayaran Jasa Lingkungan dengan Kelompok Tani Hutan




Kabarbhumi.org.,- Negosiasi nilai pembayaran jasa lingkungan atas jasa lingkungan sumber daya air dengan 3 kelompok tani hutan (KTH) dari Desa Ramea dan Cikumbueun Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, pada tanggal 11 Februari 2021 bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang.

Acara negosiasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang, Kepala Bagian Pengendalian Pencemaran dan Pengelolaan Limbah DLH Kabupaten Pandeglang, Sekretaris Jenderal, Koordinator Bidang Pengelolaan Jasa Lingkungan dan tim teknis Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) dan pengurus KTH.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal FKDC np. RAHADIAN meminta KTH untuk memanfaatkan uang jasa lingkungan yang mereka terima digunakan tidak saja untuk kepentingan konsumsi, tetapi juga untuk kepentingan produksi dengan mengembangkan komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dengan memanfaatkan lahan di bawah tegakan, agar ada additional value yang bisa dinikmati oleh anggota kelompok dari upaya melestarikan lingkungan, dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal FKDC mengingatkan pengurus KTH untuk transparan dalam pengelolaan jasa lingkungan, memcatat seluruh transaksi dan terus berupaya meningkatkan tertib administrasi yang akan diverifikasi ketika KTH memgajukan pembayaran.

Dalam kesempatan tersebut Kepala DLH Pandeglang Dra. Tati Suwagiharti,MM  berpesan kepada pengurus KTH untuk dapat menjadi contoh bagi kelompok lain dalam pengelolaan jasa lingkungan dan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota KTH dalam pemanfaan lahan, sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya, serta membantu mengharumkan nama Kabupaten Pandeglang dari keberhasilan KTH dalam pengelolaan lingkungan diwilayahnya masing-masing.

selanjutnya pelaksanaan negosiasi dipimpin oleh Koordinator Bidang Pengelolaan Jasa Lingkungan FKDC didampingi Kepala Bidang Pemantauan DLH Pandeglang dan tim teknis FKDC perwakilan DLHK Banten, adapun ketiga KTH yaitu KTH Alam Lestari , KTH Sinar Harapan 2 Desa Cikumbuen dan KTH Alam Sejahtera Desa Rame kecamatan Mandalawangi (GoI).

No comments:

Post a Comment

Pages