Hari Peduli Sampah Nasional 2021: Bagaimana Persoalan Sampah di Kota Serang?

 



Kabarbhumi.org - Kerabat Bhumi, 21 Februari juga diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Kementerian Lingkungan Hidup mencanangkan pertama kali pada 21 Februari 2006 lalu. Peringatan hari peduli sampah ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005.

Peristiwa naas akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah itu mengakibatkan 157 jiwa melayang dan dua kampung (Kampung Cilimus dan Kampung Pojok) hilang karena tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah).

Bagaimana Persoalan Sampah di Kota Serang?

Rencana Pemerintah Kota Serang menerima sampah dari kota lain ramai dibincangkan publik. Pro dan kontra terus terjadi hingga kini. Beberapa status facebook para pegiat lingkungan, pemerhati dan para relawan terus menyoroti permasalahan ratusan ton sampah yang rencananya akan diterima Kota Serang. Bagaimana sebenarnya persoalan sampah di Kota Serang sendiri?

Kerabat Bhumi mengirimi kami potret salah satu sudut bantaran kali Cibanten yang menjadi tempat pembuangan limbah sampah dari kompleks lembaga pendidikan. Ini pekerjaan rumah semua kalangan, termasuk pemerintah sebagai pembuat kebijakan dan kita sebagai masyarakat.

Bagaimana menurut kerabat bhumi?

No comments:

Post a Comment

Pages